Ar-Rohmah Tahfizh, 1 Muharram 1440 H

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Segala puji hanya milik اَللّهُ semata...

 

 

 a. Sholat Tahajjud Berjamaah 1

 

    Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah merupakan hari yang sangat penting dan bersejarah bagi umat Islam. Peringatan awal tahun baru Islam ini mengingatkan kita untuk selalu mengingat peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Kota Mekkah ke Kota Madinah pada tahun 622 Masehi. Memperingati atau merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah pada hakikatnya adalah mengetahui makna hijrah Nabi Muhammad ﷺ dan pengamalannya pada masa sekarang ini. Kalender Hijriyah yang menjadi sistem penanggalan kaum Muslim sampai dengan sekarang ini menjadikan hijrah sebagai awal perhitungan tahun dalam Islam.

 

a. Sholat Tahajjud Berjamaah 2

 

    Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, Ar-Rohmah Tahfizh memiliki cerita sendiri. Tim Kesantrian, Akademik, MQ dibantu dengan tim-tim yang lain mengadakan berbagai macam kegiatan dimulai dari sholat Tahajjud berjamaah. Sholat Tahajjud ini sebenarnya sudah merupakan hal yang biasa dilakukan di Ar-Rohmah Tahfizh, namun pada tanggal 1 Muharram 1440 H. kemarin, yaitu pada hari Selasa, 11 September 2018 kemarin, masjid terlihat lebih ramai dari biasanya. Para santri dan asatidz semua berkumpul menjadi satu di Masjid Sarroh untuk melaksanakan sholat Tahajjud secara berjamaah.

 

a. Muhasabah 1

a. Muhasabah 2

 

    Setelah sholat Tahajjud berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan Muhasabah oleh Ust. Imam Malik. Dalam kegiatan ini, semua diajak untuk merenungkan kembali semua yang telah dilalui dan bagaimana untuk memperbaiki diri di tahun yang baru ini serta bagaimana untuk menjadi generasi hafizh Qur'an yang selalu menjunjung tinggi Dinul Islam, Allah dan Rasul-Nya. Ust. Imam Malik juga mengajak semuanya agar pada tahun baru Muharram 1440 H. ini bertambah iman dan taqwa kita kepada Allah subhanahu wata'ala juga bertambah berkah segala hal yang kita lakukan.

    Menyambung kegiatan Muhasabah adalah sholat Shubuh, dzikir dan Qiroatul Qur'an. Alhamdulillah, lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an selalu terdengar di Ar-Rohmah Tahfizh, baik dari para santri ataupun dari ustadz-ustadz Artizh, yang membuat semuanya selalu mengingat Allah Sang Pencipta Alam.(Galih/Humas Artizh)